Belajar untuk Tidak Belajar

Belajar untuk Tidak Belajar

“Hei Mbak Cin. Aku baru beli buku baru lho.”

“Bagus?”

“Emm.. biasa aja sih. Romantis enggak, lucu enggak. “

“Soalnya kalo ga bagus kadang sering udah capek baca pas di tengah-tengah.”, Mbak Cindy membolak-balik buku Irfan Ihsan, “Cinta Kamu, Aku” yang baru kubeli kemarin. Bener juga sih. Aku juga sering ngalamin, batinku.

“Aku beli Cuma karena ini buku tentang penyiar.”

“Tapi kamu tetep bisa belajar sesuatu dari situ ‘kan.” Mbak Cindy menaruh buku itu kembali ke sofa di ruang meeting kantor yang warna merah mudanya sudah memudar. Hmm.. atau warna memudar kemudian terkesan seperti warna merah muda? Dia kembali berjalan ke ruang BSO. Melanjutkan pekerjaannya, mungkin.

Aku duduk di sofa yang masih empuk itu, mencari-cari perlengkapan siaran di tas. Dua puluh menit lagi aku siaran Cafe Break. Tak kutemui yang kucari. Aku baru sadar. Aku kan emang ga bawa apa-apa kalo mau siaran.

Sambil berjalan, kata-kata mbak Cindy padaku tadi masih terngiang,”Kamu emang ganteng banget.” Emang dia tadi ngomong gitu? Parah ni otak. Dia tu tadi ngomong,”Kamu masih belajar dari situ ‘kan tapi.” Nah, kayaknya tadi ngomong gitu. Coba deh cek ama kalimat yang aku tulis di atas. Kayaknya sih ga sama persis. Ya iyalah. Otakku gitu. Terlalu kreatif sampai ingatan aja perlu dikreasi.

Aku sudah sering kepikir gitu sih. Kita bisa belajar dari apapun. Termasuk yang bukan pembelajaran sekalipun. But, gimana kalo yang kita butuhin tu bukan belajar. What if what we need is not learning, but to unlearn? Kita udah belajar banyak banget pasti. Kelihatan dari twit-twit kamu yang bermutu tinggi. Tapi gimana kalo itu salah? Nah, itulah saat-saat kita perlu belajar untuk tidak belajar. So, unlearn-lah. Termasuk pembelajaran untuk tidak belajar ini. Di-unlearn aja. Bingung kan? Sip deh!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s