Baik, Benar, Yakin.

Baik, Benar, Yakin!

“Semua agama sama saja. Sama-sama mengajarkan kebaikan.” Berangkat dari situ tulisan ini dibuat. Pandangan ini yang membuat kita dengan mudah menyimpulkan bahwa semua agama itu sama.

Memang benar, nilai-nilai kebaikan semua agama, hampir sama. Semua sepakat bahwa jujur, berbakti, sopan santun, itu baik. Pada tataran akhlak-etika, banyak sekali kesamaan antar agama. Pada tingkat baik-buruk, kita sering sepaham.

Hanya, yang sering menjadi pertengkaran bukanlah apa saja perbuatan yang BAIK, melainkan apa saja yang dianggap BENAR. Pada titik benar-salah inilah perbedaan mulai banyak. Pada bidang ibadah, perbedaan jelas terlihat. Terlebih pada ranah konsep ketuhanan.

Bila kalimat pertama di atas diganti menjadi,”Semua agama sama saja. Sama-sama mengajarkan KEBENARAN.” Maka,  yang menjadi pertanyaan, kebenaran yang diajarkan, seringkali berbeda.

Perbedaan ini pula yang sering membuat kita bingung. Namun, kuncinya ada pada KEYAKINAN. Semakin kita yakin, semakin tak bermasalah pula perbedaan. Ketenangan, adalah resiko yang kita terima dari keyakinan ini.

Ketenangan ini yang kita pakai dalam menguatkan keyakinan diri, sembari menghadapi berbagai keyakinan orang lain.

Iklan

Satu pemikiran pada “Baik, Benar, Yakin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s