Update! Ngapain aja saya selama ini?

Lama sekali tak menjumpai temen-temen semua. 😀 Apakah saya berhenti menulis? Tidak. Masih sering sih nulis cuma sering berakhir disimpan di laptop karena dianggap tidak layak publish oleh redaksi. (padahal redakturnya ya saya sendiri) Selain itu, tulisan-tulisan saya lebih sering ditujukan untuk internal OmahTI Saking internalnya, tidak dipublish di web OTI 🙂

Mungkin pencapaian terbaru di dunia tulis menTulis ya dimuatnya tulisan saya di buletin kampus yang cukup disegani. Monggo kunjungi e-paper tersebut edisi 132 hal 26. Ada tulisan saya tentang  penggunaan TI yang belum tepat guna. Bukan merendahkan teknologi lho. Tapi memberi saran pada pengguna teknologi, khususnya tenaga pendidikan tuk tidak usah menggunakan teknologi tinggi-tinggi bila tidak perlu dan tidak efektif. Contoh, lebih efektif pake spidol dan papan tulis ngapain maksa sok gengsi pake slide? Begitu juga sebaliknya. Bila dengan animasi siswa jadi lebih mudheng, ya jangan malas belajar bikin animasi. Paling tidak googling cari media pembelajaran pendukung.

 

Saya juga menyarankan saya pribadi dan kawan-kawan selaku kreator TI untuk mempelajari konsep ilmu pendidikan. Supaya kalau kita bikin media pembelajaran, aplikasi atau apapun itu, ya sesuai kaidah pendidikan. Ga asal bikin. Ga asal keren.

Selain itu, saya bersama temen2 juga ngerjain makul Proyek 2. Yang menuntut kami untuk bikin SI perpus Muhammadiyah Bodon.

Sedangkan sekarang, saya sedang PKL alias magang di Dishubkominfo Pemprov DIY. PKL ini juga merupakan mata kuliah proyek 1. Jadi, proyek 1 tu magang, proyek 2 itu bikin software. Jadi memang pelaksanaannya duluan proyek 2 karena proyek 1 nunggu liburan.

Awalnya kami jobless di sini karena waktu magang kami hanya 2 minggu. Dari pihak dishubkominfo ragu tuk ngasih kerjaan karena ya waktunya pendek. Kalaupun melatih kami, ya justru menambah beban kerja mereka yang sudah buaanyaak.

 

Kemudian oleh Supervisor saya ditanya, “Bisa linux ga?” Kami perlu monitoring software yang web-based. Dan kami pun menyanggupi meski belum ngeh. Akhirnya setelah gigla giglaan (gila-gilaan) bergoogling ria, kami nemu Nagios. Ternyata itu juga yang disarankan supervisor di Dishubkominfo.

Nagios ini cenderung Linux based. Beruntung 1 hari sebelumnya saya udah nginstall Xubuntu 11.04 dari CD di r.Pelatihan Dishubkominfo. Dan saya langsung jatuh cinta pada si tikus ini! Setelah 1 tahun nginstal ubuntu, ya baru kali kemarin saya ngeKlik. Biasanya tuh ubuntu cuma mangkrak di lepi.

Kebayang kan gimana banting otaknya (bukan banting tulang) saya yang masih newbie di Linux dan Jaringan (belum ngambil makul SO dan Jaringan) mesti nginstall software monitor jaringan Linux based pula! Tapi karena saya lagi bernafsu alias passionate sama Xubuntu plus setelah 2 hari garing ga ada kerjaan, perintah ini kami laksanakan sepenuh hati.

Berjam-jam gaagla (gagal versi google) nginstall, akhirnya berhasil. Errornya cuma sederhana sebenarnya. Hanya karena belum biasa mangkal di terminal linux, lihat baris2 itu jadi ngeri. Sekaligus asik juga sih. Jadi berasa hacker 😀

Alhamdulillah. Saat tulisan ini diposting, tanpa saya sadari installnya sudah berhasil di Server. Tinggal nunggu temen2 lain yang entar dijadiin Client. Doakan 🙂

Duh, saking lamanya ga buka dasbor Add New Post di Wp, sampe ga sadar tampilannya berubah. tapi entar aja deh ngotak atik WP nya, balik ke Nagios dulu 😀

 

Ga Sadar Apa yang Diperbuat,

Bondan

2 pemikiran pada “Update! Ngapain aja saya selama ini?

Tinggalkan Balasan

