Hobi

Hobi

Kegiatan yang saya klaim sebagai hobi pertama ialah membaca. Awalnya hanya membaca teks yang tercetak di kertas. Lama-kelamaan yang dibaca tak hanya berupa teks, tak hanya ada di kertas. Hobi yang dilakukan berulang-ulang ini akan menjelma menjadi karakter. Karakter membaca. Tak hanya itu, ia juga tumbuh menjadi hobi baru. Berpikir. Dan, tumbuhan karakter membaca ini telah membuahkan hobi yang lain lagi. Menuangkan pikiran. Baik lewat lisan maupun tulisan hingga praktek kongkret. Hebatkah? Tidak untuk saya, “Ya” untuk Allah.

Masih ada hobi lain. Hobi ini sudah ada sejak lama tapi baru saya sadari kini. Yakni, hobi tuk menghilangkan dan menemukan hobi. Hobi ini yang menyebabkan hobi berganti-ganti. Kadang menemukan hobi baru sambil menghilangkan hobi lama atau sebaliknya. Bisa juga menemukan hobi baru atau menemukan kembali hobi lama tanpa menghilangkan yang sudah ada. Banyak ragam.

Hobi tuk berganti hobi ini mengakibatkan hobi tak tentu arah. Ia memang membawa kita ngalor-ngidul ngetan-ngulon ketemu kiblat. Tetapi tetap berbeda dengan hobi yang kita tekuni. Hobi yang berjubahkan ketekunan bisa menjadi karakter positif, ia bisa menjadi profesi, ia bisa melahirkan hobi yang lain lagi. Hobi yang tidak sekedar memanjakan kesenangan, tapi memiliki derajat kemanfaatan. Hobi tak lagi diorientasikan pada diri sendiri, tapi juga orang bahkan makhluk lain. Bila kita memiliki hobi seperti ini, hobinya tak hanya sekedar hobi tapi sudah mencapai maqam menghidupi orang lain. Baik penghidupan finansial, emosional, intelektual, spiritual. Milikilah hobi tipe ini!

Iklan

Satu pemikiran pada “Hobi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s