Warnet Linux!

AHA! Seperti kebiasaan nyleneh saya akhir-akhir ini. Jalan2 tengah malem. Dan saya teringat sempat melihat warnet baru yang baru buka. (ya iyalah)

Akhirnya saya mampir saja. Memenuhi hobi saya yang lain. Ngetest warnet. haha. APa yang menarik dari warnet yang belum saya sambangi. Dan saya pun terkejut kala melihat di pintu masuk tertempel stiker “WARNET UBUNTU”. WOW! mengejutkan bagi saya. Baru kali ini saya lihat warnet pake Ubuntu. Salluuuuuut! haha.

ini merupakan pilihan yang cukup radikal. Dari segi bisnis, produk harus easy to use. Sedangkan ubuntu ini, meskipun relatif mudah tapi banyak sekali konsumen yang belum terbiasa (bahkan belum tahu) dengan Sistem Operasi selain “jendela”. Hmm.. apakah ini bukan langkah bunuh diri?

setelah saya konfrontasi eh maksudnya konfirmasi dengan yang mbaureksa warnetnya, ini sedang tahap uji coba. Kalau responnya bagus ya terus, kalau jelek ya terpaksa balik ke windows. Beliau juga cerita kalau ISP providernya juga banyak yang heran. Yakin mau pake UBuntu? hmm… Nekad. Nekadnya pun double. Mulai operasi dengan persiapan minim (seperti diakui si mbaureksa warnet) ac, billing, headset, dan pake Ubuntu pula. Tapi itulah bisnis. Bonek. BOndhan Nekad. eh, Bandha Nekad.

dan karena baru semalam buka, belum siap promo besar2an. Tapi sebenarnya saya sebagai konsumen yakin masih banyak konsumen potensial yang menyambut hangat hadirnya warnet ubuntu pertama (yang saya tahu) ini. Seperti sambutan hangat dua orang pria yang baru nongkrong di dekat warnet. terperangah “Wah, kok sangar pake Ubuntu”.

Sekedar saran saja. Perbanyak promo di komunitas2 Ubuntu, Kaskus, mahasiswa, pelajar. Itu baru promo awareness. Membangkitkan kesadaran bahwa ada warnet ubuntu. Perlu ada promo lain. Yakni promo keunggulan2 ubuntu. Selain itu, perlu juga edukasi pasar. Bisa lewat wallpaper yang berisi instruksi2.

Anyway, post ini sebagai salah satu support yang bisa saya berikan. :). Oh ya, warnet ini berada Jakal Km 5.5 Tawangsari. Utara Fak Kehutanan UGM masuk sampe hampir mentok pertigaan. Kanan jalan. Atau mesej ke FB saya kalau mau saya antar ke sini πŸ˜€

Sluurrpt. Menikmati lagi free coffee L’amour Net. πŸ™‚

15 pemikiran pada “Warnet Linux!

  1. jozz.. hidup ubuntu, selalu biasakan pakai ubuntu untuk sgala kpentingan komputasi anda.. hehe (sbenernya aku juga pake lho, dulu 1 tahun yang lalu sih)..
    enak sih pake ubuntu, tapi pada saat itu aku terkendala sama beberapa periperal yang bermasalah dengan kernelnya dan drivernya.. (alias tidak ada support pada waktu itu oleh pihak komunitas)..

    tapi salut buat warnet yang sudah mendukung pemakaian ubuntu sbagai base OS nya..

    dulu di tempat saya lahir, ada juga warnet yang memakai OS linux (mandriva) berbasis KDE.. bagus juga kok..

    semoga saja kedepannya OS berbasis UNIX dapat mudah digunakan, didapatkan, diinstal, dan dinikmati..

    sruput.. air putih anget, jozz….

  2. targetnya mesti kalo gak mahasiswa ya para techies yang ga punya modem triji wkwkwk… harusnya warnet ini lebih murah 500 rupiah daripada warnet berjendela, bagaimana bung?

  3. hahahaha…buat agan-agan ini…..masalah harga mank lebih murah 500 dibawah warnet lainya kok…lollll

    @akang bondan: stttttttt jangan sebutin merek dunk hahhahaha

  4. ya karena linux yang skarang kan udah tampilannya mirip windows, jadi udah agak mudah digunain sama, common users.. 1 smester yang lalu aku coba liat mampir ksana, eh ternyata gak cuman linux tok yang diinstall, gila bener tuh warnet.. jadi windows juga dipake, trus distro linuxnya gak cuman mandriva doank, ada fedora juga.. (ya karena pake desktop KDE, yang mirip sama windows)
    bgitu lah.. haha..

  5. Assalamualaikum…… πŸ™‚
    Membaca artikel ini jadi ingat masa-masa smp. pulang sekolah coba warnet baru lagi promosi kebetulan OS nya itu Linux, pada saat itu saya belum mengenal bahkan buta sama sekali dengan Linux. ketika saya me-minimize saya tidak tahu untuk me-maximizenya lagi..hehe, tapi sekarang allhamdullilah udah Free Software.
    oh iya browsing menggunakan Linux lebih cepat dibandingkan dengan Os Winwos loh.
    Open Source, Open Your Mind….maju terus dunia Open Source khususnya di Indonesia

    untuk kang bondan, maju terus buat blognya..hehe

    http://ibrahimslack.wordpress.com/

  6. haha, bar hibernasi :-3

    warnet deket kosku juga ada, dy pake ubuntu 8.10..
    cuma sering ada masalah πŸ˜€
    1. kadang ada glitch di billingnya πŸ˜€ <- tapi ga tak apa apain lho… cuma tak dudul dikit ee malah langsung login tanpa billing πŸ˜› tapi yang punya ya tak omongin… mosok yo meh nyolong? hawong 2 ribu/jam we kok meh diuriki… masya Alloh…
    2. kadang yang make sebelonnya iseng, jadi uda diutek" dulu, jd ga user friendly lg…
    3. kalo mbuka web yang ada flashnya, kadang crash mozillanya..
    4. nha, yang paling ga demen.. ga bisa pake IDM πŸ˜› bisa kalo pake wine ado crossover (sayange crossover mbayar tur guedhi…)

    nha, itu cuma pendapatku lho.. jadi kalo ada yang ga sepakat ya di sepakatke wae lah.. πŸ˜€

  7. saya mendirikan warnet pertengahan 2008 langsung pake linux, waktu itu pake pclinuxos, lalu pindah ke pclinux3d, bahkan pernah campur sari (zencafe,mandriva,blankon,de el el) dan sekarang menggunakan Ubuntu 10.04 setelah dimodifikasi. Saya cukup puas menggunakan Ubuntu 10.04 cuma ada beberapa masalah yg sampai sekarang belum bisa teratasi seperti :
    1. tidak bisa remote shutdown dari gbilling. (pclinux bisa bahkan ubuntu 9.04 juga bisa)
    2. semua linux yg pernah saya gunakan tidak bisa print model landscape (ada saja bagian yg tdk tercetak).

    mungkin ada yg bisa berikan solusi untuk masalah di atas?? please..

    Dari hasil pengamatan ataupun pengalaman saya, warnet os windows ramai oleh para gamer terutama PointBlank yg mayoritas playernya para bocah usia SD/SMP ataupun Poker apalagi klo warnetnya jual beli chips, pasti ramai. bocah2 yg main biasanya 1 kompi yg main 1 orang, supporternya 3-4 orang, bikin sesak bilik warnet, blom lagi klo pada teriak2.. dijamin warnet pasti ramai berisik, bisa mengganggu konsntrasi pemain poker ataupun yg lagi browsing.
    Bandingkan warnet linux, dengan fasilitas lengkap, pelanggannya mayoritas cewek usia smp, sma, kuliahan, warnet ramai tapi tenang, 1 kompi max. 2 orang, rata2 kerja tugas, maen fesbukan, video ceting skype, rata2 mereka juga print yg cukup memberikan kontribusi pada warnet, uplod foto pakai bluetooth/card reader, cewek2 gak suka game berbanding lurus dengan linux yg gak bisa PB, hehe.. dan yg penting lagi bahwa mereka juga gak terlalu peduli dengan yg namanya OS, yg penting lancar..
    di lokasi saya ada 4 buah warnet dan saya berada di tengah menggunakan ubuntu.

    MAJU TERUS WARNET LINUX!!!!

Tinggalkan Balasan

