Komuni-AKSI

KomuniAKSI
Komuni-AKSI. Bukan komunikasi. Berawal dari ketaksengajaan saya salah mengetik kata “Komunikasi”. Saya mendapat bahan pemikiran yang unik dan menarik. Kira-kira apa ya relevansi komunikasi dan aksi? Lalu gimana ya kalau “komuni” berarti komunitas, jama’ah. Digabung dengan “aksi”. Berarti jama’ah aksi. Aksi jama’ah. Jama’ah yang berorientasi aksi nyata. Luar biasa.
Selain itu, gimana kalau kita intrepretasikan komuni itu singkatan dari komunikasi. Lalu, aksi? Ya definisikan saja dengan aksi. Maka akan tercipta urutan langkah. Setelah komunikasi, beraksilah! Contoh penerapan sederhananya begini. Sering saya alami dalam kerja tim. Saya membagi tugas, berkomunikasi, ngomong, “Kamu bagiannya ini.” “Kamu tolong kumpulkan proposal ke A, deadline Sabtu.” Saya baru sekedar berkomunikasi. Kekurangannya? Biasanya anggota tim saya itu ternyata sampai deadline yang ditentukan tetap tidak berhasil mengerjakan tugasnya. Ada berbagai hal hambatan. Entah karena sibuk dengan tugas kuliah atau memang ga bisa.

Bukan salah mereka seratus persen sih. Saya sendiri yang kurang memantau dan mengontrol. Memantau berarti mengawasi perkembangan, memahami, membantu menghalau hambatan, membiarkan berkreasi. Mengontrol bila “kereta” perkembangan mulai selip dari “rel” tujuan. Entah rel tenggat waktu, bisa pula rel kualitas kerja, bisa jadi rel standar prosedur.

Maka, Perlu AKSI lebih lanjut. Follow up. Pemantauan dan kontrol. Jadi, ada hikmahnya saya salah ketik. Saya menjadi ingat. Bahwa sebelum ngomong, setelah ngomong, mengeluarkan statement, saya perlu AKSI lebih lanjut.

3 pemikiran pada “Komuni-AKSI

Tinggalkan Balasan

