Baju Bagus Apa Jelek?

Baju Bagus atau Jelek?

Di suatu Maghrib saya ditanyai Mas Nahdhi. “Kalau sedang minta-minta, biar dikasih, kamu pake baju bagus, apa baju jelek?”. Saya tahu ada maksud lain dari pertanyaan ini. Tapi belum tahu apa itu. Terdiam sejenak, kemudian saya menjawab “Baju jelek donk.”. “Lha kalau minta sama Allah, kamu pake baju bagus, apa jelek??”. Nah, mulai deh kelihatan maksud tersembunyinya. Saya teringat ayat Al-Quran yang mengajarkan sunnah memasuki masjid. Yakni dengan berpakaian yang bagus. Lalu saya menjawab,“Ya yang bagus.”
Saya menerka ini bukan sekedar “bagus” fisik. Lalu kemudian saya menyambungi “Karena Allah tak sama dengan makhluk-Nya hingga meminta pada-Nya pun bisa tak sama dengan meminta pada manusia.” Sambungan yang saya sendiri menganggap kurang relevan. Karena saya baru dalam tahap paham bahwa “bukan itu maksudnya, lalu apa?” Nah, “apa”nya itu yang belum ngeh.
Lalu Mas Nahdhi menutup pembicaraan dengan pernyataan,”Ya tergantung. Apakah yang dimaksud baju itu selalu baju yang ini—menunjuk bajunya.” Mungkin Mas Nahdhi ingin memperluas definisi baju itu. Tak sekedar baju fisik, tapi baju batin.
Hem.. sebenarnya ada yang kurang dalam jawaban saya. Saya masih ingin menambahi,”Terserah mau minta pake baju bagus apa jelek. Karena Allah ga pernah melihat baju. Tapi…” (anda tahu maksud saya)

Iklan

13 pemikiran pada “Baju Bagus Apa Jelek?

  1. “baju” yang jelek ataupun yang bagus adalah sama-sama simbol kesibukan nafsu dunia yang hebat di muka bumi, dan kelak akan ditarik kembali ke bawah bersatu membusuk menjadi tanah, tapi ruh kelak akan kembali ditarik ke langit harus dalam keadaan islam, sebab ia adalah simbol kesucian. Tarik menarik, pilih ngalor opo ngidul?

  2. Itulah yang namanya “telanjang” di hadapan Allah. Karena tak ada satupun yang bisa kita sembunyikan dari Dia. Jadi sebenernya ndak peduli kita mau pake baju apa, toh Dia tau jeroan-jeroan kita kok.

  3. Baju dalam arti hati…. lebih penting dari pada luar..

    Tapi. Ehm.. manusia kan melihat penampilan luar … cuma Tuhan yang melihat hati 🙂 so qta juga berpakaian yang tepat juga sesuai kesan yang kita ingin tonjolkan :).

    Yanti sweetchic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s