Ingin Berhenti (3-habis)

Ingin Berhenti 3 (habis)

Jadi, kali ini saya belajar. Bahwa kita hanya perlu memisahkan diri dengan apa yang tadinya kita anggap sebagai diri kita. Kita perlu melepaskan ikatan dengan berbagai aksesoris yang karena kelancangan kita, kita cap sebagai milik kita.

Misal, kalau kita sudah terikat dengan blog kita. (Padahal blog hanya “aksesoris” kita) kalau ada yang menghina blog kita, kita akan marah. Atau minimal tersinggung. Begitu juga kalau kita sudah terikat dengan nama kita, begitu ada yang merendahkan kita, kita akan dengan mudahnya marah. So, sadari saja kalau blog kita bukanlah kita. Kalau nama kita, hanyalah sebutan kita. Bukan kita yang sejati.

Nah, kalau kita sudah bisa menyadari,”Oh yang dihina hanya blog saya kok. Bukan Tuhan saya.” Insya Allah kita bisa lebih rileks. Tuk kemudian menyikapi “penghinaan” itu dengan cara-cara yang lebih dewasa dan elegan. Kita akan mampu melihat dengan jernih kekurangan-kekurangan yang disampaikan orang lain tuk kita jadikan evaluasi. Nah, kita sendiri kan yang beruntung karena kita semakin lebih baik.

Jadi, sekali lagi, mari belajar tuk tidak terikat dengan segala aksesoris pribadi (harta, ilmu temuan kita, blog, perut, dll). Karena sekali lagi, aksesoris itu jelaslah bukan kita yang sejati. Oke?

Nb: kalau kita bukan perut kita, kalau kita bukan ilmu temuan kita, kalau kita bukan uang kita, kalau kita bukan wibawa kita, terus sebenarnya siapa sih kita itu????? Anda tahu? hehe

Iklan

5 pemikiran pada “Ingin Berhenti (3-habis)

  1. Hidup adalah bekerja. Artinya, hidup selamanya berada dalam proses menuju akhir kegiatan manusia, liang lahat. Di dalam proses itulah selain menuntut ilmu, juga diantaranya ada kegiatan perbuatan amar ma’ruf nahi munkar, mengajak kebaikan mencegah keburukan, da’wah! Da’wah adalah kewajiban seorang muslim. Jalan da’wah kita adalah da’wah bit-tadwin, da’wah dengan cara mengetik . . .! Dijamin tidak bid’ah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s