EVOlusi pengGunaan FaceBOOK

Para pengguna facebook menggunakan facebook dengan berbagai macam cara penggunaan yang berguna. (ada berapa guna-guna barusan?). Ada yang murni menggunakannya sebagai situs tuk bersosialisasi. Ada yang menjadikannya sebagai sarana promosi bisnis. Adapula yang menjadikannya sarana dakwah. Banyak juga yang memanfaatkan facebook sebagai sarana penambah ilmu. Nah, yang terakhir ini yang akan saya bahas.

Sebagaimana lazimnya, di awal kenal facebook, saya hanya memanfaatkannya sebagai situs jejaring sosial biasa. Nge-wall, update status, komen, dll. Selanjutnya, eh kok ada fitur “Catatan Saya” yang lebih baik dari situs bulletin board situs jejaring sosial yang sudah almarhum. Kita bisa komen dengan mudah dan menandai teman yang kita inginkan di catatan kita. Jaminan note kita terbaca pun meningkat. Penggunaan facebook saya pun sudah berevolusi. Tidak hanya sekedar sarana sosialisasi tapi juga sarana tambah ilmu. Tak jarang, hanya karena note seseorang menarik, saya terus mengajukan permintaan teman pada orang tersebut. Mata ini segera mencari tab catatan begitu mau nge add. Dan agak kecewa jika ternyata orang tersebut tidak memiliki note di fb. Jika demikian, biasanya saya cari di situs orang tersebut. Sapa tahu dia punya blog atau website yang menarik dan bermanfaat. Jadi, saya pernah tidak peduli kepada siapa calon teman saya ini, yang penting catatannya! 😛 agak aneh ya?

Nah, karena saya sekarang kuliah di prodi yang berbau komputer (emang bau komputer tu kayak apa ta?), saya mulai banyak cari artikel tentang IT. Mengingat saya masih newbie di dunia IT ini, sesuai saran dosen dan senior, saya cari banyak pengetahuan tentang banyak bidang di IT tapi tidak mendalam. Menjadi generalis. Tahu sedikit tentang banyak hal. Saya belum bisa disebut belajar Java. Tapi baru belajar TENTANG Java. Sejarahnya Java, prospek java, komparasi Java dengan pulau lain eh,,, bahasa pemrograman lain, dll. Belum sampai sintak-sintaknya. Bahkan mbikin program yang outputnya “hello world” pun belum :P. Saya masih belajar TENTANG network, hacking, project management, database, software engineering, dll. Buku yang saya sarankan untuk mendapat gambaran besar tentang computer science ini adalah buku karangan J. Glenn Brookshear yang sudah diterjemahkan berjudul “Computer Science: Sebuah Pengantar”. Bahasanya enak, mudah dipahami meski sebenarnya menjelaskan hal yang rumit. Pokoknya TOP markoTOP.

Berkaitan dengan facebook, secara tidak sengaja saya kemarin mendapat alamat facebook.com/career, facebook.com/note, (kalau note nya para software engineer facebook, di siniblog.facebook.com. Alamat-alamat tersebut dapat kita lihat di beranda full site facebook bagian kanan bawah. Klik saja link “karir”, “pengembang”, “blog”. Link tersebut berisi banyak sekali ilmu fesbukiyah dari orang-orang dalam facebook sendiri. Tentu sangat berharga.

Karena minat saya bisnis dan manajemen, saya tertarik mengamati bagaimana mengelola perusahaan yang tumbuh pesat, perusahaan yang berisi insinyur software, dan perusahaan yang penuh kontroversi. Dan karena saya kuliah di prodi komputer, saya berusaha mencecap ilmu programming dari para programmer facebook. Maka, sekarang tiap kali saya membuka facebook, nge wall, komen, dll bukan lagi prioritas saya. Tapi membaca note. Notenya pun bertema IT. Bagaimana Anda dalam menggunakan facebook?

Silakan bagi yang berminat tuk mengunjungi link tersebut. Pahami artikelnya, kita diskusikan. Mungkin ada yang mengeluh karena berbahasa inggris, karenanya silakan kirim pesan facebook saya atau surel ke saya (satrianusantara@ymail.com) untuk saya terjemahkan sebisanya. Sekalian mengasah kemampuan bahasa Inggris saya yang mungkin berkarat karena liburan semester ini 😛

Iklan

8 pemikiran pada “EVOlusi pengGunaan FaceBOOK

  1. Kok makin lama facebook merambah ke blog ya? Apa jangan2 ini salah satu strategi untuk menguasai pangsa internet di dunia? Mungkinkah kita sedang dalam proses monopolisasi internet….

    1. Bisa jadi. yang jelas fb tu memang membudayakan inovasi. jadi ya berusaha semaksimal mungkin menyamankan penggunanya. google pun sekarang bisnis OS juga kan. malah mau mbuat hape android. (Bukan cuma OS nya)

  2. *like this lah pokoke.

    ternyata nyasar kesini g sia2, banyak bgt ilmu yg bisa dipelajari.
    Gaya penulisany enak dan cerdas, pokoke mantap lah.
    Sukses ya…

    *aq alumni smunaga jg, kk kelasny nahdhi. hehe, slm kenal…

    1. pake wordpress aja bhas. cos yang membuat saya males mengunjungi blog dengan blogspot karena saya rumit kalau mau komen :). nah, kalau pake wp, selain karena dia cms, ia juga fokus tuk blog. komen-komen lebih mudah. biasanya kalau udah sering komen-komenan, akan ada banyak kunjungan balik yang membuat lapak kita lebih laris 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s