Sekolah Unggulan(?)

Kata para pakar, pendidikan atau belajar adalah proses. Sekolah sebagai institusi dan tempat belajar berarti dapat diartikan sebagai tempat proses. Ingat, proses! Nah, proses yang UNGGUL akan menghasilkan output yang well meski dari input pas-pasan.

Sekarang kalau kita ambil contoh sekolah bertaraf internasional di Indonesia. Bagaimana seleksi masuknya? Bisa dibilang ketat kan? Biayanya? Sulit dikatakan murah. Lalu? Ya siswa yang masuk situ tentu yang SUDAH pintar dan didukung kemampuan finansial yang cukup. Bisa dibilang SUDAH UNGGUL. Gimana keadaan mereka saat lulus nanti? TETAP/ LEBIH UNGGUL. Jah, wajar dong,, masuk udah pinter, lulus juga tetep pinter? Masuk dah tes matematika dan dapet nilai 8 lulus dapet nilai 10. Berarti peningkatannya kan cuma poin. Itu hasil dari PROSES sekolah UNGGULAN(?)

menurut saya, sekolah itu disebut UNGGULAN bila siswa yang masuk itu udah kurang mampu secara finansial dan intelektual, tapi begitu lulus.. WOW! Kongkritnya, masuk dengan nilai 6 tapi karena ditempa PROSES yang BENAR-BENAR UNGGULAN, lulus dengan nilai 10!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s